Hubungan Struktural dan Fungsi Pemerintah Pusat dan Daerah

 1. Desentralisasi 

Secara etimologis, istilah desentralisasi berasal dari Bahasa Belanda, yaitu de yang berarti lepas, dan centerum yang berarti pusat. Desentralisasi adalah sesuatu hal yang terlepas dari pusat.

Terdapat dua kelompok besar yang memberikan definisi tentang desentralisasi, yakni kelompok Anglo Saxon dan Kontinental.

Kelompok Anglo Saxon mendefinisikan desentralisasi sebagai penyerahan wewenang dari pemerintah pusat, baik kepada para pejabat pusat yang ada di daerah yang disebut dengan dekonsentrasi maupun kepada badan-badan otonom daerah yang disebut devolusi.

Devolusi berarti sebagian kekuasaan diserahkan kepada badan-badan politik di daerah yang diikuti dengan penyerahan kekuasaan sepenuhnya untuk mengambil keputusan baik secara politis maupun secara administratif.

Adapun Kelompok Kontinental membedakan desentralisasi menjadi dua bagian yaitu desentralisasi jabatan atau dekonsentrasi dan desentralisasi ketatanegaraan.

Dekonsentrasi adalah penyerahan kekuasaan dari atas ke bawah dalam rangka kepegawaian guna kelancaran pekerjaan semata.

Adapun desentralisasi ketatanegaraan merupakan pemberian kekuasaan untuk mengatur daerah di dalam lingkungannya guna mewujudkan asas demokrasi dalam pemerintahan negara.

Menurut ahli ilmu tata negara, dekonsentrasi merupakan pelimpahan kewenangan dari alat perlengkapan negara di pusat kepada instansi bawahannya guna melaksanakan pekerjaan tertentu dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Pemerintah pusat tidak kehilangan kewenangannya karena instansi bawahan melaksanakan tugas atas nama pemerintah pusat.

Dekonsentrasi adalah pelimpahan wewenang dari pemerintah pusat kepada daerah otonom sebagai wakil pemerintah atau perangkat pusat di daerah dalam kerangka negara kesatuan.

Lembaga yang melimpahkan kewenangan dapat memberikan perintah kepada pejabat yang telah dilimpahi kewenangannya itu mengenai pengambilan atau pembuatan keputusan.

Menurut Amran Muslimin (2009:120, desentralisasi dibedakan atas 3 (tiga) bagian.

1. Desentralisasi politik, yakni pelimpahan kewenangan dari pemerintah pusat yang meliputi hak mengatur dan mengurus kepentingan rumah tangga sendiri bagi badan-badan politik di daerah yang dipilih oleh rakyat dalam daerah-daerah tertentu

2. Desentralisasi fungsional, yaitu pemberian hak kepada golongangolongan tertentu untuk mengurus segolongan kepentingan tertentu dalam masyarakat baik terikat maupun tidak pada suatu daerah tertentu, seperti mengurus irigasi bagi petani.

3. Desentralisasi kebudayaan, yakni pemberian hak kepada golongangolongan minoritas dalam masyarakat untuk menyelenggarakan kebudayaan sendiri, seperti ritual kebudayaan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa desentralisasi pada dasarnya adalah suatu proses penyerahan sebagian wewenang dan tanggung jawab dari urusan yang semula adalah urusan pemerintah pusat kepada badanbadan atau lembaga-lembaga pemerintah daerah.

Tujuannya adalah agar urusan-urusan dapat beralih kepada daerah dan menjadi wewenang serta tanggung jawab pemerintah daerah.

Desentralisasi mengandung segi positif dalam penyelenggaraan pemerintahan baik dari sudut politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pertahanan keamanan. Dilihat dari fungsi pemerintahan, desentralisasi menunjukkan beberapa hal sebagai berikut

  • Satuan-satuan desentralisasi lebih fleksibel dalam memenuhi berbagai perubahan yang terjadi secara cepat. 
  • Satuan-satuan desentralisasi dapat melaksanakan tugas lebih efektif dan lebih efisien. 
  • Satuan-satuan desentralisasi lebih inovatif. 
  • Satuan-satuan desentralisasi mendorong tumbuhnya sikap moral yang lebih tinggi, serta komitmen yang lebih tinggi dan lebih produktif

Praktiknya, desentralisasi sebagai suatu sistem penyelenggaraan pemerintah daerah memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan. Kelebihan desentralisasi, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Struktur organisasi yang didesentralisasikan merupakan pendelegasian wewenang untuk memperingan manajemen pemerintah pusat. 
  • Mengurangi bertumpuknya pekerjaan di pusat pemerintahan. 
  • Dalam menghadapi permasalahan yang amat mendesak, pemerintah daerah tidak perlu menunggu instruksi dari pusat. 
  • Hubungan yang harmonis dapat ditingkatkan dan dapat lebih dioptimalkan gairah kerja antara pemerintah pusat dan daerah. 
  • Peningkatan efisiensi dalam segala hal, khususnya penyelenggara pemerintahan, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. 
  • Dapat mengurangi birokrasi dalam arti buruk karena keputusan dapat segera dilaksanakan. 
  • Bagi organisasi yang besar dapat memperoleh manfaat dari keadaan di tempat masing-masing. 
  • Sebelum rencana dapat diterapkan secara keseluruhan, maka pada awalnya dapat diterapkan dalam satu bagian tertentu terlebih dahulu sehingga rencana dapat diubah. 
  • Risiko yang mencakup kerugian dalam bidang kepegawaian, fasilitas, dan organisasi dapat terbagi-bagi.
  • Dapat diadakan pembedaan dan pengkhususan yang berguna bagi kepentingan-kepentingan tertentu.
  • Desentralisasi secara psikologis dapat memberikan kepuasan bagi daerah karena sifatnya yang langsung.

Adapun kelemahan desentralisasi, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Besarnya badan-badan struktural pemerintahan yang membuat struktur pemerintahan bertambah kompleks yang berimplikasi pada lemahnya koordinasi. 
  • Keseimbangan dan kesesuaian antara bermacam-macam kepentingan daerah dapat lebih mudah terganggu. 
  • Desentralisasi teritorial mendorong timbulnya paham kedaerahan. 
  • Keputusan yang diambil memerlukan waktu yang lama karena memerlukan perundingan yang bertele-tele. 
  • Desentralisasi memerlukan biaya yang besar dan sulit untuk memperoleh keseragaman dan kesederhanaan.

2. Otonomi Daerah 
Banyak definisi yang dapat menggambarkan tentang makna otonomi daerah. Berikut adalah beberapa definisi tentang otonomi daerah yang dikemukakan para ahli. Menurut H.M. Agus Santoso, pengertian otonomi daerah di antaranya adalah sebagai berikut.

  • C. J. Franseen, otonomi daerah adalah hak untuk mengatur urusanurusan daerah dan menyesuaikan peraturan-peraturan yang sudah dibuat dengannya. 
  • J. Wajong, otonomi daerah sebagai kebebasan untuk memelihara dan memajukan kepentingan khusus daerah dengan keuangan sendiri, menentukan hukum sendiri dan pemerintahan sendiri. 
  • Ateng Syarifuddin, otonomi daerah sebagai kebebasan atau kemandirian tetapi bukan kemerdekaan. Namun kebebasan itu terbatas karena merupakan perwujudan dari pemberian kesempatan yang harus dipertanggungjawabkan. 
  • Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, otonomi daerah adalah hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Otonomi daerah adalah kewajiban yang diberikan kepada daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat menurut aspirasi masyarakat.

Tujuan otonomi daerah adalah untuk meningkatkan daya guna dan hasil guna penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka pelayanan terhadap masyarakat dan pelaksanaan pembangunan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Adapun yang dimaksud dengan kewajiban adalah kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai batas-batas wilayah yang berwenang mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat.

Dengan demikian, dapat disimpulkan otonomi daerah adalah keleluasaan dalam bentuk hak dan wewenang serta kewajiban dan tanggung jawab badan pemerintah daerah untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sesuai keadaan dan kemampuan daerahnya sebagai manifestasi dari desentralisasi.

3. Otonomi Daerah dalam Konteks Negara Kesatuan 
Negara Republik Indonesia sebagai negara kesatuan menganut asas desentralisasi dalam penyelenggaraan pemerintahan, dengan memberikan kesempatan dan keleluasaan kepada daerah untuk menyelenggarakan otonomi daerah.

Pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia diselenggarakan dalam rangka memperbaiki kesejahteraan rakyat.

Pengembangan suatu daerah dapat disesuaikan oleh pemerintah daerah dengan memperhatikan potensi dan kekhasan daerah masing-masing.

Hal ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi pemerintah daerah untuk membuktikan kemampuannya dalam melaksanakan kewenangan yang menjadi hak daerah.

Pelaksanaan otonomi daerah selain berlandaskan pada acuan hukum, juga sebagai implementasi tuntutan globalisasi yang diberdayakan dengan cara memberikan daerah kewenangan yang lebih luas, lebih nyata, dan bertanggung jawab terutama dalam mengatur, memanfaatkan dan menggali sumber-sumber potensi yang ada di daerahnya masing-masing.

Maju atau tidaknya suatu daerah sangat ditentukan oleh kemampuan dan kemauan untuk melaksanakan pemerintahan daerah. Pemerintah daerah bebas berkreasi dan berekspresi dalam rangka membangun daerahnya

4. Landasan Hukum Penerapan Otonomi Daerah di Indonesia 
Beberapa peraturan perundang-undangan yang pernah dan masih berlaku dalam pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia adalah sebagai berikut.

  • Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1945 tentang Komite Nasional Daerah (KND). 
  • Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1948 tentang Pokok-Pokok Pemerintahan Daerah. 
  • Undang-Undang Negara Indonesia Timur Nomor 44 Tahun 1950 tentang Pemerintahan Daerah Indonesia Timur. 
  • Undang-Undang Nomor 18 Tahun 1965 tentang Pokok-Pokok Pemerintahan Daerah. 
  • Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1974 tentang Pokok-Pokok Pemerintahan Daerah. 
  • Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah. 
  • Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah. h. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. 
  • Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah. 
  • Perpu Nomor 3 Tahun 2005 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. 
  • Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.
  • Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.
  • Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

5. Nilai, Dimensi, dan Prinsip Otonomi Daerah di Indonesia 
Otonomi Daerah pada dasarnya adalah hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundangundangan.

Terdapat dua nilai dasar yang dikembangkan dalam Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945 berkenaan dengan pelaksanaan desentralisasi dan otonomi daerah di Indonesia..

a. Nilai Unitaris, yang diwujudkan dalam pandangan bahwa Indonesia tidak mempunyai kesatuan pemerintahan lain di dalamnya yang bersifat negara (eenheidstaat), yang berarti kedaulatan yang melekat pada rakyat, bangsa, dan negara Republik Indonesia tidak akan terbagi di antara kesatuan-kesatuan pemerintahan.

b. Nilai Dasar Desentralisasi Teritorial, yang bersumber dari isi dan jiwa Pasal 18 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Berdasarkan nilai ini pemerintah diwajibkan untuk melaksanakan politik desentralisasi dan dekonsentrasi di bidang ketatanegaraan.

Berkaitan dengan dua nilai dasar tersebut di atas, penyelenggaraan desentralisasi di Indonesia berpusat pada pembentukan daerah-daerah otonom dan penyerahan/pelimpahan sebagian kekuasaan dan kewenangan pemerintah pusat ke pemerintah daerah untuk mengatur dan mengurus sebagian kekuasaan dan kewenangan tersebut.

Dengan demikian, titik berat pelaksanaan otonomi daerah adalah pada daerah kabupaten/kota dengan beberapa dasar pertimbangan sebagai berikut.

1) Dimensi Politik, kabupaten/kota dipandang kurang mempunyai fanatisme kedaerahan sehingga risiko gerakan separatisme dan peluang berkembangnya aspirasi federalis relatif minim.

2) Dimensi Administratif, penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat relatif dapat lebih efektif. 3) Kabupaten/kota adalah daerah “ujung tombak” pelaksanaan pembangunan sehingga kabupaten/kota-lah yang lebih tahu kebutuhan dan potensi rakyat di daerahnya

Dalam pelaksanaan otonomi daerah, prinsip otonomi daerah yang dianut adalah nyata, bertanggung jawab dan dinamis.

  • Nyata, otonomi secara nyata diperlukan sesuai dengan situasi dan kondisi objektif di daerah. 
  • Bertanggung jawab, pemberian otonomi diselaraskan/diupayakan untuk memperlancar pembangunan di seluruh pelosok tanah air. 
  • Dinamis, pelaksanaan otonomi selalu menjadi sarana dan dorongan untuk lebih baik dan maju

Selain itu, terdapat lima prinsip dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Berikut uraiannya.

1. Prinsip Kesatuan 
Pelaksanaan otonomi daerah harus menunjang aspirasi perjuangan rakyat guna memperkokoh negara kesatuan dan mempertinggi tingkat kesejahteraan masyarakat lokal

2. Prinsip Riil dan Tanggung Jawab 
Pemberian otonomi kepada daerah harus merupakan otonomi yang nyata dan bertanggung jawab bagi kepentingan seluruh warga daerah. Pemerintah daerah berperan mengatur proses dinamika pemerintahan dan pembangunan di daerah.

3. Prinsip Penyebaran 
Asas desentralisasi perlu dilaksanakan dengan asas dekonsentrasi. Caranya dengan memberikan kemungkinan kepada masyarakat untuk kreatif dalam membangun daerahnya.

4. Prinsip Keserasian 
Pemberian otonomi kepada daerah mengutamakan aspek keserasian dan tujuan di samping aspek pendemokrasian.

5. Prinsip Pemberdayaan 
Tujuan pemberian otonomi kepada daerah adalah untuk meningkatkan daya guna dan hasil guna penyelenggaraan pemerintah di daerah, terutama dalam aspek pembangunann dan pelayanan kepada masyarakat serta untuk meningkatkan pembinaan kestabilan politik dan kesatuan bangsa.

Komentar

Unknown mengatakan…
Anastasia Putri Dian M./02/MIPA 1/Hadir
Unknown mengatakan…
Eunike Jihanaya J S /15/ X MIPA 1/Hadir
booksbyArra mengatakan…
Manuella Arianne RS / 23 / X MIPA 1 / Hadir
MONO mengatakan…
Fadlan Fathar Ramadhan/16/X MIPA 1/Hadir
Unknown mengatakan…
Mega selfiana/24/X MIPA 1 / Hadir
Unknown mengatakan…
Dimas Arya Saputra/13/X MIPA 1/Hadirr
Vincentia Lamda mengatakan…
Vincentia Lamdagati Kirana/36/X MIPA 1/hadir
Unknown mengatakan…
Anastassia Putri Dian (02) Hadir
Dennaya Hanuun mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan…
Ardila Zafira P /05/ X MIPA 1/ Hadir
Unknown mengatakan…
Ahmad Zulfikar Hanif (01)hadir
Unknown mengatakan…
Tria Finisha Amanda Putri (35) hadir
benedikta mengatakan…
Benedikta Alexandra KP/08/X MIPA 1/hadir
Unknown mengatakan…
Tirza Nadya Wibowo/34/X MIPA 1/Hadir
Dyah Ajeng mengatakan…
Dyah Ajeng Firastri/14/X MIPA 1/Hadir
Unknown mengatakan…
Niko Ardhiansyah/27/X MIPA 1 Hadir
Unknown mengatakan…
Daffa faris ramadhan 09/mipa 1 /hadir
Unknown mengatakan…
Arbitya yasmindha/X MIPA 1/hadir
Unknown mengatakan…
Ginasha firly J/X MIPA 1/18/ hadir
Ipung Yulanda mengatakan…
Ipung Yulanda /20/ X MIPA 1/ Hadir
Dio mengatakan…
Fathurrafi Nadio Busono/17/X MIPA 1 Hadirr
Unknown mengatakan…
Danang Ratno Putro/10/Mipa 1/hadir
Unknown mengatakan…
MantsaqulatMawazinuh/19/X MIPA 1/HADIR
Unknown mengatakan…
Aufa Rafidya Setfiano/X MIPA 1/Hadir
Unknown mengatakan…
Stephanie Grace Shella Br Jabat /33/X MIPA 1 hadir


Unknown mengatakan…
Arbitya yasmindha/x mipa 1/04/hadir
Unknown mengatakan…
Muhammad Nibras Rahma Himama 25/Mipa1/Hadir
Unknown mengatakan…
Putu Liana Carissa Candra (29)/ X MIPA 1/hadir
Unknown mengatakan…
Sabrina Najwa P.H/31/X MIPA 1/hadir
Azmi Finna mengatakan…
Azmi Finna N (07)/X MIPA 1/Hadir
vidiar mengatakan…
Oktavia Dwi Ariyani (28)/X MIPA 1/Hadir
Dennaya Hanuun mengatakan…
Dennaya Hanuun Allama/11/X MIPA 1/Hadir
wismajayabaru mengatakan…
Nayudea Mustiko Prirarso (26) X MIPA 1 hadir
Annisa mengatakan…
Annisa Puspita Haryanti/03/X MIPA 1/ Hadir
Immanuel elfrron balelang/XMIPA 1/19/hadir
Unknown mengatakan…
Rico andreawan/30/X MIPA 1/Hadir
Unknown mengatakan…
Sagita Tiara Dewi/32/Mipa 1/Hadir.
chaplien77 mengatakan…
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Unknown mengatakan…
Dhita Ari Yanti/12/X MIPA 1/Hadir
booksbyArra mengatakan…
Terimakasih kembali, Pak
JhevonMR mengatakan…
Jhevon Mahogra R/21/Mipa 1/Hadir.
Febby Aminoora mengatakan…
Wahyu Febriola Aminoora / 36 / X MIPA 6 / Hadir
Unknown mengatakan…
Rahmadistya Sabrina/28/X MIPA 6/Hadir
Sapna Nurul mengatakan…
Sapna Azizi Nurul Fadhli/30/x mipa 6/hadir
Unknown mengatakan…
Gisela Indira / 17 / X MIPA 6 / hadir
sasi mengatakan…
Sasikirana M/31/X MIPA 6/hadir
Unknown mengatakan…
Natasya Safameivia/26/X MIPA 6/hadir
Unknown mengatakan…
Rangga Respati Difinanda/29/X MIPA 6/hadir
Unknown mengatakan…
Shinta Alika Dewantara /33/XMIPA 6/Hadir
Shinta Anggun mengatakan…
Shinta Anggun Difansya/34/X Mipa 6/hadir
Unknown mengatakan…
Muhammad Hasnan Shadiq/23/XMIPA 6/Hadir
Kevin Reza Pahlevi mengatakan…
Kevin Reza Pahlevi/20/X MIPA 6/Hadir
Unknown mengatakan…
Aldiansyah/05/X MIPA 6/ HADIR
M. Falahul Akbar mengatakan…
M. Falahul Akbar/22/X Mipa 6/hadir
Unknown mengatakan…
Alifa baiza luna putriyani/06/X MIPA 6/hadir
Unknown mengatakan…
Damai Ariella/10/XMipa6/hadir
Infomusik mengatakan…
Jhosevan Arya Setia Budi/28/X MIPA 4/hadir
fildzahluayy mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
fildzahluayy mengatakan…
Fildzah Lu'ay Faiha' Raharjo/15/X MIPA 4/hadir
Unknown mengatakan…
Diva antika/11/X MIPA 4/hadir
Unknown mengatakan…
Altania Maulidina Salsabilla/01/X MIPA 4/hadir
Unknown mengatakan…
Naila Tirsta Az-zahra/25/X MIPA 4/hadir
Unknown mengatakan…
Elssyra berliana/14/X MIPA 4/hadir
Anselma Reva Talitha mengatakan…
Anselma Reva/05/X MIPA 4/Hadir
Unknown mengatakan…
Rafi Farhanantyo N/27/X MIPA 4/ Hadir
Massayu Adhisya mengatakan…
Massayu Adhisya/21/X MIPA 4/Hadir
Unknown mengatakan…
Muhammad Naufal Hakim/24/X MIPA 4/Hadir
bara mengatakan…
Bara Raazaq Saputra/08/XMIPA 4/HADIR
Unknown mengatakan…
Bunga Amelia S.W/09/X MIPA 4/HADIR
Unknown mengatakan…
Renita Larasati/30/X MIPA 4/HADIR
Unknown mengatakan…
Rosihan Aswin Suryaputra/34/X MIPA 4/HADIR
Unknown mengatakan…
Andaryno Akbar Firmawantoro/03/X MIPA 4/HADIR
Unknown mengatakan…
Revania Maghfira Azzahra/31/X MIPA 4/HADIR
Elis mengatakan…
Elisabeth Vanessa/13/X MIPA 2/HADIR
Eunike Galuh Satiti mengatakan…
Eunike Galuh Satiti/14/X MIPA 2/HADIR
Unknown mengatakan…
Muhammad Bagus Santoso/ 25/ X IPA 2/ HADIR
chaplien77 mengatakan…

terima kasih semoga bisa bermanfaat
Unknown mengatakan…
Rahman Aris Nurcahyo/32/ X MIPA 2/hadir
Daniel Adi Pratama mengatakan…
Daniel Adi Pratama/11/X MIPA 2/Hadir
Yasmine Agista mengatakan…
Yasmine Agista Mulya Nugrahaini/36/X MIPA 2/hadir
chaplien77 mengatakan…
terima kasih semoga bermanfaat
Unknown mengatakan…
Ardini Alya(07) / X MIPA 2 / HADIR
Nayla Rusyda mengatakan…
Nayla Aulia Rusyda/29/X MIPA 2/Hadir
Putri citra mengatakan…
Putri citra karisma/31/X MIPA 2/HADIR
Irvereta Mega mengatakan…
Irvereta Mega Raziki/18/X MIPA 2/Hadir
Unknown mengatakan…
Alya Marsya Talitha/03/X MIPA 2/Hadir
Unknown mengatakan…
Tabina Aurelia Syafitri/34/X MIPA 2/Hadir
Unknown mengatakan…
Fransisca Triwidyaningrum/16/ X MIPA 2/ Hadir
Unknown mengatakan…
Azahra Clarista Aurelia/08/X MIPA II/HADIR
Unknown mengatakan…
Amanda Vira Agustina/05/Hadir